Tuesday 13 September 2016

Japan Trip : Pass dan Kartu Ajaib Transportasi Jepang

Salah satu tantangan traveling ke Jepang adalah meminimalisir budget transportasi. Udah jadi rahasia umum kalau tiket kereta atau bus di sana terkenal mahal. Buat contoh kalau mau naik shinkansen dari Osaka ke Kyoto yang cuma 15 menit harga tiketnya sekitar 300ribuan rupiah. Atau sekali naik bus di Kyoto perlu beli tiket seharga 200 Yen. Haha. Mahal yaaa. Tapi baiknya, biarpun tiket ketengan mahal, Jepang menyediakan pass-pass ajaib yang bisa digunakan untuk transportasi tertentu. Asal kita tahu infonya sih, pass-pass ajaib ini akan sangat membantu urusan penghematan biaya transport. Ada ratusan pass yang disediakan berbagai transportasi, tinggal pinter-pinternya kita untuk milih sesuai kebutuhan tempat-tempat yang akan dikunjungi, nah diriku coba share pengalaman pakai pass dan kartu yang ternyata sangat berguna ya~~
Pass dan kartu ajaib :) :)

1. Japan Rail Pass (JR Pass)

The best investment ever! Asli bukan hiperbola. Dengan harga yang cukup mahal sekitar 29ribu yen untuk 7 hari, ternyata sangat sesuai dengan kegunaannya. Opsi pakai JR Pass akhirnya diambil karena saat golden week harga bus overnight Tokyo-Kyoto PP jadi mahal banget, jauh lebih menguntungkan dengan JR Pass. Nah JR Pass ini adalah kartu ajaib yang bisa digunakan untuk naik JR Line, termasuk shinkansen dan Tokyo Monorail sepuasnya selama 7, 14, atau 21 hari yang berurutan (tergantung yang kita pilih). Jadi selama 7 hari pertama di Jepang, diriku hampir tidak mengeluarkan biaya sedikitpun untuk transport, itu juga aku pakai untuk bolak balik Tokyo-Osaka, Osaka-Hiroshima, Tokyo-Toyama dengan shinkansen yang kalau beli tiket ketengan harganya akan juaaauuuhhh lebih mahal. Untuk shinkansen, ada pengecualian untuk pengguna JR Pass ya, ngga boleh naik shinkansen Nozomi dan Mizuho yang katanya shinkansen paling cepet. Tapi Tokyo-Kyoto naik shinkansen Hikari juga udah cepet banget kok, jadi nggak masalah lah yaa~~ Kalau JR Line mah nggak pandang bulu, kita boleh pakai sepuasnya dari yang Local sampe yang Limited Express. Bebas~~
JR Pass
Untuk catatan, JR Pass cuma bisa dibeli diluar Jepang ya. Jadi paling nggak setelah visa granted silakan beli, sekarang udah banyak travel agen lokal yang jual kok :) Nah, kalo JR Pass ini bisa dipakai di seluruh wilayah Jepang dari ujung ke ujung, ada juga pass-pass lokal yang bisa dipertimbangkan kalau area kita lebih sempit contohnya Tokyo Wide Pass atau JR West Rail Pass. Pokoknya pilih sesuai kebutuhan aja~~

2. Kyoto City Bus & Kyoto Bus One-day Pass

Moda transportasi terbaik untuk keliling Kyoto adalah bus mengingat rata-rata temple atau shrine yang jadi daya tarik Kyoto bisa dijangkau dengan bus. Tarif bus untuk sekali naik adalah 220 yen, tapi untungnya kita bisa beli Kyoto City Bus dan Kyoto Bus One-day Pass seharga 500 yen untuk naik turun bus sepuasnya sehari penuh. Lumayan kan? One-day pass ini bisa di beli Kyoto Bus Station Information Center, di vending machine di sekitar Bus Station, atau di sopir busnya langsung. Untuk pertama kali penggunaan passnya, kita harus masukkan dulu ke mesin di dekat sopir sehingga tercetak tanggal dipakainya (jangan lupa tiket diambil lagi), untuk penggunakan selanjutnya tinggal tunjukkan passnya aja ke sopir :)
One day pass!!
Jadi kalau tujuan wisata kita ke temple-temple macam Kinkaku-ji dan Kiyomizudera atau tempat-tempat Kyoto Imperial Palace atau Gion, beli one-day pass ini udah cukuplah. Kecuali kalau mau ke Fushimi Inari atau Arashiyama, harus naik subway atau JR Line~ nah disinilah pass-pass lain berperan.

3. Tateyama Kurobe Option Ticket

Hemat 3000 yen dengan pass ini :)
Kalau Tateyama Kurobe Alpine Route ada di list itinerary kalian. tiket ini pass banget! Dengan 9000 yen udah termasuk tiket satu arah Nagano/Shinano Omachi ke Toyama atau sebaliknya. Jadi kita bisa hemat 3000 yenan. Asik kan? Ticket ini bisa dibeli di beberapa tempat diantaranya Osaka Station, Tokyo Station, Nagano, Shinano Omachi, kalau kami sih di Shinjuku Station. Yang perlu diingat adalah tiket ini hanya berlaku 5 hari, kalau kita mau ke sana tanggal 6 paling tidak kita beli tiketnya setelah tanggal 2 ya, atau bilang langsung saja ke petugasnya kalau mau ke sana tanggal 6. Nah, tiket bus sendiri sudah cover naik kereta dari Toyama sampai naik bus ke Nagano/Shinano Omachi. Sangat pas kalo di combine dengan JR Pass untuk naik shinkansen dari Tokyo ke Toyama atau Nagano. Info lengkap di sini.

4. Fuji Five Lakes Gulli Ticket (bukan nama sebenarnya)

Karena kami ke Fuji setelah JR Pass udah nggak berlaku, maka harus cari alternatif lain demi penghematan. Hehe. Agak bingung juga nama sebenarnya tiket ini apa karena sulit banget untuk dapet infonya selain di web Jepangnya. Berbekal translete, print out, dan keyakinan bahwa tiket ini ada, kami coba tanya di JR Office Shinjuku, dan Alhamdulillah memang ada! Tiket seharga 4820 yen sudah mengcover perjalanan bolak-balik Tokyo-Kawaguchiko dengan JR Local, Fujikyu Railway, plus bus-bus lokal yang ada di sana dan itu boleh dipakai 2 hari, misal hari ini berangkat dari Tokyo ke Kawaguchiko terus baru balik ke Tokyonya besok, bisa-bisa saja kok. Catatannya adalah selama perjalanan kita kita cuma boleh naik kereta JR Local. Alhasil perlu beberapa transit, tapi itu nggak masalah sih :)
Pas beli dapet dua tiket pergi pulang, sayangnya tiket ditelen mesin setiap akhir penggunaan.
Tiket ini bisa langsung digunakan dari station terdekat penginapan kita. Rute kami adalah Komagome-Shinjuku-Otsuki-Kawaguchiko dengan JR Yamanote line, JR Chuo line dan Fujikyu Railway yang semuanya dicover oleh tiket ini. Di tambah dengan bus-bus lokal menuju ke Shibazakura Festival dan Lake Kawaguchiko. Info tiket ini dalam bahasa Jepang bisa di check di sini.

5. Yurikamome Pass

Sangat pas untuk keliling Odaiba Bay
Nah ini pass yang bisa jadi pilihan kalo mau keliling Odaiba. Sebenernya kalau tujuan kita mau ke Daiba Station aja untuk lihat Gundam dan Liberty Statue, nggak perlu beli tiket ini kok. Tapi kalau harus ke beberapa tempat di Odaiba, ya mending pakai pass ini aja. Seperti kami yang ingin ke Miraikan Museum, lalu lanjut ke Daiba, lalu ke Tokyo Big Sight untuk sholat, lalu iseng bolak-balik naik Yurikamome Line untuk liat Odaiba keseluruhan. Pass seharga 820 yen jadi berharga banget kan? Info lengkap silakan check ini.

6. PASMO

Kalau yang satu ini bukan kartu pass atau tiket ajaib ya. Kalau di Indonesia sih semacam Flazz atau e-Money, yang perlu di top-up untuk bayar transportasi sesuai tarif. Jadi bukan untuk menghemat, kartu ini lebih mempermudah untuk naik kereta di Jepang. Kita tahu kalau kereta Jepang apalagi Tokyo banyak jenisnya, sebut saja JR, Tokyo Metro, Toei, Tokyo Monorail, Shinkansen yang masing-masing punya gate sendiri-sendiri. Akan bingung kalau rute jalan kita harus pindah dari JR ke Tokyo Metro, karena harus dua kali beli tiket, belum lagi proses beli tiket yang ribet, harus check tarif dulu lalu beli tiket sesuai tarif. Hoho. Ribet kan? Kalo pakai PASMO kan mudah, tinggal tap-tap aja tiap keluar masuk gate.
Kadang suka ada promo kalo pake ini :)
Sebenarnya kartu macam ini bukan cuma PASMO ada juga Suica atau Icoca (kalau beli di Kansai) tapi secara keseluruhan fungsinya sama. Mempermudah pembayaran. Selain untuk transportasi,IC Card seperi Pasmo dan Suica bisa dipakai juga untuk transaksi di konbini. Asik kan? Kartu bisa dibeli di counter-counter di Bandara kok. Untuk catatan ya, kalau agak lama di Hiroshima, baiknya Icoca saja, karena PASMO nggak bisa untuk keliling naik trem. Hikshiks.

Nah, itulah pass dan kartu ajaib yang kami pakai selama jelajah Jepang. Sangat banyak pass-pass lain yang disediakan, jadi tinggal kebutuhan kita aja mau pakai yang mana. Tapi yang jelas, dengan pass-pass tersebut membuat kita jadi lebih mudah menjangkau tempat-tempat yang kita ingin kunjungi :)

No comments:

Post a Comment