Saturday 12 September 2015

Overland Trip Ala-Ala Hari Ke-3 Siem Reap- Bangkok (MBK dan Khaosan Road)

Rabu, 12 Agustus 2015

Jam 3.30 Aku, Tikpo, Mba Anis, dan Hesty udah standby di lobi hostel nunggu jemputan. Sepi banget, cuma ada satu abang-abang yang jaga malem disitu.
Lobi hotel. Ada tempat pemujaan karena memang mayoritas orang Kamboja beragama Budha.
Hampir setiap bangunan punya tempat persembaham seperti ini.
Sambil nunggu aku sempet liat-liat suasana sekitar hotel yang nggak terlalu aku perhatiin kemaren. Jadi mayoritas Kamboja beragama Budha, jadi nggak heran kalau di setiap sudut rumah atau hotel macam Tanei ini ada tempat pemujaan gitu. Di lobi juga di pasang beberapa foto orang yang kayaknya sih kayaknya raja-raja atau orang pemerintahan Kamboja, atau mungkin juga leluhur yang punya hotel Tanei. Ah, diriku nggak bisa nebak. Kalau ada yang tau boleh banget loh infoin ke aku.

Nggak lama yang jemput kami dateng. Sebelum pergi kami sempatkan pamit dan bilang terimakasih ke abang tadi. Kami di jemput sama pihak travel pake mobil bak terbuka yang udah dimodifikasi jadi semacam bemo roda empat versi modern dan lebih gede. Rupanya kami pertama dijemput, sebelum akhirnya jemput penumpang-penumpang di hostel lain. Yang aku inget sih, nggak lama ada bule perempuan Spain naik dari hostel yang nggak jauh dari Tanei, setelah dia baru deh ada solo traveler laki-laki dari China. Terus setelah itu lupa deh ada yang naik lagi atau nggak karena setelah perempuan Spain yang setelah dikonfirmasi ternyata bernama Raseli itu naik, kami mulai sedikit ngobrol sama dia. Tanya-tanya aja sih dia dari mana, sudah kemana. Ternyata dia baru aja dari Laos sama Vietnam kalau nggak salah, biasalah bule kalo liburan lama, bisa sampe berbulan-bulan. Bahkan setelah dari Bangkok dia ada rencana mau ke Thailand Selatan atau Indonesia karena rencananya akhir bulan Agustus dia baru balik Spain. Iya deh, bikin iri. Sempet ada obrolan dikit sama si Raseli soal harga tiket, tenyata doi dapet lebih murah cuma 15 USD. Oalah~~ Jadi nggak tau harga asli tiket ke Bangkoknya berapa yang jelas hotel-hotel itu jadi semacam travel agen yang memang pasti ambil keuntungan dari penjualan tiket itu,  nggak salah sih, memang hal yang wajar, nah kebetulan juga Tanei jual lebih mahal dari hotelnya Raseli. It’s not a big deal lah yaaa~~

Cuma naik kendaraan jemputan bentar aja, aku udah sampe di kantornya Virak Buntham Express. Jangan tanya dimana ya, diriku nggak merhatiin~~ barangkali kalo beli tiketnya langsung di counter langsung bisa lebih murah ya. Hoho.
Kantor Virak Buntham jam 4 am.

Busnya udah ada pas kami tiba, udah penuh juga, tapi nggak perlu khawatir karena di tiket udah ada no kursi. Sepertinya kami penumpang terakhir karena nggak lama setelah naik, bus langsung jalan walaupun telat 15 menit dari jam seharusnya sih. Jadi bus dari Siem Reap ke Poipet (border) ini berjenis sleeper bus. Sleeper bus sih, tapi nggak privat sleeper berth macam kereta malamnya Malaysia. Jadi ya gitu, tiduran sambil denger suara-suara khas orang Khmer atau Thailand deh, bahasanya mirip. Aku sih masih bisa tidur dengan enaknya, maklum diriku kan sejenis pelor, nempel molor. Sebenernya dapet selimut di bus, tapi selimutnya sejuta umat alias habis dipake penumpang sebelumnya nggak dicuci trus langsung dipake penumpang selanjutnya, kan agak-agak gimana gitu ya makanya nggak aku pake tuh selimut. Tapi beda loh sama Raseli, aku perhatiin dari belakang, karena memang posisi dia nggak jauh di depanku, doi mah nyaman-nyaman aja langsung pake tuh selimut. Emang ya bule beda, nggak ribet.
Ini loh sleeper busnya~~ 
Setelah 3 jam perjalanan yang kebanyakan diisi dengan tidur, sampailah diriku di Poipet, the border. Bus berhenti di sebuah titik lalu orang dari travel mandu kita ke arah bordernya sambil ngasih kita semacam nametag sebagai tanda kalau kita penumpang Virak Buntham. Jadi ada beberapa jalan masuk ke Kamboja, Poipet adalah salah satunya. Jangan bayangin border Kamboja yang satu ini kayak imigrasi yang kemarin aku lewatin di bandara Siem Reap ya. Kalau aku boleh mendeskripsikan secara kasar sih, bangunan border ini agak mirip warteg. Hehe. Serius, cuma bangunan kecil dengan 4 loket yang antriannya super-duper yahud padahal baru jam 7.15. Kayaknya sih banyak orang Kamboja yang kerja di Thailand deh, makanya antrian udah mengular sepagi ini. Maap nggak ada pic karena banyak polisi yang jaga dan tulisan no camera khas imigrasi ada dimana-mana, tapi nggak hoax kok.

Sempet baca review beberapa traveler soal border ini yang katanya banyak calo-calo yang nawarin aneh-aneh dari mulai pulpen yang nggak gratis atau cek kesehatan yang katanya buat syarat keluar Kamboja tapi ternyata bohong, yang intinya banyak scam di situ. Hal itu nggak aku temui kok, apa karena udah banyak polisi yang jaga ya? Dan dulu mungkin belum ada polisi-polisi sebanyak sekarang gitu kali ya? Yang agak bikin nggak nyaman justru pemandu travel Virak Bunthamnya, mosok doi nawarin form seharga 1 USD plus nanti diurusin biar cepet dapet stampnya~~ menguntungkan sih, tapi malu-maluin kan!

Saranku, untuk nyebrang border Poipet ini, pastiin semua data di form yang dikasih saat arrival (yang udah di jegrek/steples di paspor) itu diisi semua ya biar nggak ribet ngisi lagi disana. Kalaupun belum diisi berarti harus siapin pulpen sendiri karena memang disana sedia pulpen tapi jumlahnya cuma satu untuk ratusan orang. Enggak banget kan kalo urusan imigrasi jadi lama gara-gara form belum lengkap dan ngantri pulpen. Diriku sih udah wanti-wanti ke yang lain buat bawa pulpen jadi nggak ada masalah lah ya. Agak kasian sama beberapa traveler China, udahlah mereka nggak bawa pulpen harus balik lagi ke antrian meskipun udah sampe loket karena ada data yang nggak lengkap. Nggak tau kenapa deh, rata-rata traveler China yang begini, mereka ribet sama huruf latin atau Kamboja kali ya? Bodohnya pulpenku mendelep di ransel paling bawah, jadi susah diambil akhirnya cuma bisa mengamati penderitaan mereka tanpa bisa berbuat apa-apa.

Pokoknya habis waktu sejam sendiri di sini buat dapet stamp departed di paspor. Nah mulai dari sini nih, akhirnya si Raseli bareng kita terus. Dari border Kamboja, jalan aja lurus nyebrang ke Aranyaphratet, nah ini udah masuk Thailand, cari bangunan imigrasinya yang cukup besar dan bikin ketara kesenjangan sosial dua negara tetangga ini, Kamboja dan Thailand. Di bangunan itu naiklah ke lantai 2, tempat foreign arrivalnya. Dan aku baru ngeh kalau paspor Spain canggih bener, bisa  masuk Thailand tanpa visa. Nggak kayak traveler China yang lagi-lagi kurang beruntung karena harus antri dulu bikin visa. Kalo kita mah lenggang kangkung aja ya, paspor hijau masih dibilang canggih selama masih di ASEAN, keluar dari itu agak miris juga karena Indonesia cuma sedikit list negara bebas visanya, kalah jauh dari Malaysia apalagi Singapore! Oh, kalau masuk Thailand via darat masa izin kita cuma 15 hari ya, catet! Beda kalau lewat udara alias imigrasi bandara, bisa sampe 30 hari. Pas antri imigrasi, di barisan kita ada biksu dari Kamboja, keliatan banget loh biksu sangat di hormati disini, sampe tasnya pun dibawain dengan sukarela sama orang Kamboja yang antri juga disitu. Tapi mereka kok biarin si biksu antri ya? Kenapa nggak dispesialin langsung ke loket aja? Entahlah, budaya antri mungkin masih di pegang teguh dua negara ini. Siapapun mereka.
Imigrasi Aranyaphratet. Buat foreign loketnya ada di lantai 2 ya.
Keluar imigrasi Thailand, aku harus jalan beberapa meter lagi ke kantor Virak Buntham di bagian Thailand. Di situ udah berjajar minivan-minivan yang akan mengantar kita ke Bangkok. Pas kami berlima sampai sana, udah ada 4 bule yang disuruh naik duluan sama abang travel. Kita sih diem aja nunggu di suruh naik. Hehe. Raseli sama Mba Anis sempet ke toilet dulu, aku yang laper sebenernya pengen beli makanan di situ (travelnya jual makanan plus cemilan gitu), tapi pas liat ada orang disitu makan mie merek Mama (kayak Pop Mie) yang rasa pork aku langsung ilfeel. Enggak lah, mending nahan laper sampe Bangkok. Hehe. Nggak lama Raseli balik dari toilet dia nanya entah apa ke abang travelnya dan kita langsung disuruh masuk minivan! Ulalalaaa~ lucky we were with Raseli that time! Haha. Lebay aja. Nggak lama kami naik, minivan berangkat dan sebelum depart si abang travel ngingetin kalo hari ini Mother’s Day karena hari ini ulang tahunnya Ratu Thailand makanya banyak toko tutup. Nice info mister, asumsi kami paling nggak jalanan akan lancar nggak macet.
Minivan nyaman dari Aranyaphratet ke Bangkok.
By the way, kenapa harus ganti bus ke minivan? Ternyata Kamboja dan Thailand menggunakan prinsip berkendara berbeda. Kamboja stir kiri sedangkan Thailand stir kanan kayak di Indonesia. Oh, gitu toh. Terus kalau yang Nattakan gimana? Dia kan katanya nggak ganti bus ya? Halah embuh~~ aku ga ngerti. Dan satu lagi, bukan hal yang buruk kok pindah minivan untuk ke Bangkoknya. Kalau baca review orang kan banyak negatifnya ya karena minivannya sempitlah nggak nyamanlah dan lain-lain dan lain-lain. Tapi buatku mah nyaman-nyaman aja kok.

Bener aja, jalanan super duper lancar. Minivan sempet mampir di pom bensin sekalian mampirin penumpang yang mau ke toilet atau sekedar jajan di Sevel yang ada di situ. Aku langsung aja cari yang halal-halal disitu, makanan? Nggak nemu tuh. Akhirnya cuma beli roti (the one and only yang ada logo halalnya) sama susu Frisian flagnya Thailand, sampe sekarang nggak ngerti itu merk apa karena hurufnya tertulis keriting, hehe. Pokonya perjalanan di minivan diisi dengan tidur bangun ngobrol, gitu aja. Oh Raseli disini ketemu sama temen sebangsanya dari Spain, si temen ini nggak lanjut ke Bangkok. Kayaknya sih waktu liburannya abis dan dia mau balik ke Spain, makanya dia minta di anter ke Suvarnabhumi Airport, hoho. Seenggaknya pernah mampir kesini ya. Di tengah obrolan, Raseli tanya ke kita enakan Thailand Selatan atau Bali ya? Ya aku rekom Bali lah. Dia nanya lagi. Apa Bali murah? Hoho. Ternyata Bule kalo traveling mikirin budget juga toh. Aku pikir dia akan pergi kemana kaki mereka ingin melangkah. Aku jawab aja, mirip Thailand sepertinya, nggak beda jauh. Nggak tau juga deh, sorry bukan apa, diriku nggak pernah ke Bali, bukan nggak cinta dalam negeri cuma belum ada kesempatan aja, lagian siapa juga yang nggak mau ke Bali ya kan?
Suvarnabhumi Airport, hanya lewat.
Disitu aku melupakan satu poin penting. Waktu itu kan Bandara Ngurah Rai lagi buka tutup gegara gunung Raung erupsi. Beneran lupa deh. Aku baru inget pas udah misah di minivan karena dia turun lebih dulu. Tadinya dia mau ikut kita, tapi kan kita rencananya naik taxi ke hostel di Rambuthri, dan taxi maksimal cuma boleh empat orang kan? Untungnya Raseli memaklumi, dan kami berpisah dengan menyenangkan.

Kami diturunkan di Pratunam. Agak sulit juga mencari taxi yang mau pakai argo, tapi kami nggak menyerah meskipun harus jalan agak mendekat ke jalan besar dengan tikpo geret-geret koper. Akhirnya ada taxi yang mau nganter kami ke Soi Rambuthri dengan argo. Catetan: kalau nggak pakai argo, supir taxi suka tembak harga seenaknya, misal pasang harga 200-250 baht untuk tarif yang seharusnya hanya 100 baht. Kan scam namanya! Makanya kami wanti-wanti banget untuk harus naik taxi yang pakai argo, cara taunya cukup berhentikan taxi terus bilang meter, naik dan pastiin kalo si supir nyalain mesin argonya. Kami hampir aja kena scam supir taxi Bangkok di kemudian hari, nanti aja ya ceritanya. Hoho. Untuk di Bangkok, kami benar-benar melupakan Bus, Bangkok Sky Train, apalagi Tuk-Tuk. Bukan mau foya-foya ya karena setelah hitung sana sini, cara terhemat dan terpraktis ya taxi. Itulah keuntungan jalan berempat, biaya taxi jadi murah karena dibagi berempat. Dari Pratunam ke Soi Rambuthri cuma kena 90 baht aja tuh, tapi karena aku dan Mba Anis yang ngasih uang dan ngambil kembaliannya agak roaming masih bingung sama gambar mata uang Baht, plus karena bayar pake pecahan 1000, supir taxi juga bingung gimana ngembaliinnya pokonya kembalian kurang dan kami jadinya bayar 120 baht. Hehe. Rejekinya pak taxi ya!

Kami turun persis di Soi (jalan) Rambuthri. Tinggal masuk dikit, ketemu deh Lamphu Guesthouse, hostel yang udah kami booking sebelum berangkat. Hostel ini agaknya cukup terkenal di kalangan traveler kaskus, lumayan banyak yang recommend hostel ini. Sayang pesen onlinenya harus via web hostel langsung, dia nggak kerjasama dengan pihak semacam booking.com atau agoda, udah gitu harus full payment di hari pemesanan lagi. Sedikit beresiko kan ya. Meskipun fasilitas nggak nomer satu, tapi lokasinya itu loh super duper strategis. Deket banget ke Khaosan Road dan Phra Atit (N13) pier. Jadi ya mau kemana-mana deket. Jadi kalo mau nginep di deket Khaosan, tapi nggak mau keberisikan gaduhnya Khaosan malam hari ya mending nginep daerah sini. Adem ayem. 

Waktu itu jam 1 tepat sampai Lamphu guesthouse, makanya bisa langsung check in. Kami pesan privat room untuk 4 orang yang ternyata letaknya jauh di atas sana, entahlah naik tiga atau empat lantai gitu tanpa lift. Hoho. Yang ranselan sih santai, Tikpo yang bawa koper itu loh~~ yah, ini bagian nggak enak kalo koperan yak. Fasilitas hostel ini oke kok, bagus banget enggak, jelek juga enggak. Kami dapet dua double bed super nyaman dengan kamar yang nggak sempit dan ada berandanya. Kekurangan hostel ini cuma, wifi yang di lobi aja (hehe, walaupun di dalem kamar juga kadang-kadang masih dapet) dan air panasnya yang kadang nggak keluar.
View dari jendela hostel. Kalau malem berubah jadi lampu-lampu cantik.
Pardon kelakuan kami yang berantakan.
Beranda tempat jemur-jemur dan cari sinyal wifi.
Iya. Berantakan.
Pricelist Lampu House.
Berdasarkan itinerary kalau naik Nattakan Direct Bus, kita baru akan sampai di Bangkok jam 4 sore dan baru akan jalan ke Asiatique jam 5. Maka kami sedikit santai hari itu, sempet tidur siang bahkan sampai nyuci baju. Salah satu benefit dari privat room adalah bisa nyuci dengan santai karena nggak ganggu orang lain, apalagi kalau kamar ada berandanya, ya lebih enak lagi bisa dijemur di situ dan cepet kering. Ujung-ujungnya hari itu kami pindah destinasi ke MBK dulu biar besok bisa full seharian keliling sekitaran Chao Phraya River.

Jam 4 sebelum keluar hostel kami sempat tanya tiket bus ke Krabi di travel hostel, mereka jual 1150 baht untuk eksekutif bus. Mahal ah, budget kami kan maksimal 700 baht. Ya kami putuskan untuk cari di travel lain aja nanti. Kami naik taxi ke MBK. MBK ini semacam Thamrin Citynya Bangkok. Kalo yang memang niat belanja, di sini terkenal murah. Aku sih memang nggak niat belanja jadi ya iseng aja muterin naik turun MBK. Ada satu yang dituju Tikpo di sini, Sarong ala Thailand dengan Elephant print yang gede. Susah juga nemunya, kebanyakan gambar gajahnya kecil-kecil. Jadi ya mau nggak mau Tikpo ambil, dan Mba Anis sama Hesty ikutan juga. Kalau aku enggak dong~~ hoho. Rata-rata pedagang sarong ini buka harga di 400-500 baht. Tawar aja, sampe di 250 baht baru ambil, syukur-syukur bisa lebih murah dari itu. kalo ribet bahasa buat nawarnya, tenang aja mereka ngerti kok bahasa Indonesia kalau cuma ngomong seratus, dua ratus, murah, bahasa-bahasa daganglah. Kalau mau beli kaos tulisan Bangkok bagusnya di MBK aja cuma 99 baht, paling murah dari tempat lain. Ada juga supermarket ‘Top Market’ di lantai bawah MBK, kalau mau cari jajanan unik bisa di sini kali ya, tapi aku sih cuma dapet nestea milk tea isi 13 sachet aja. Hehe.

Ngomong-ngomong diriku sudah menahan laper sejak pagi loh, cuma makan roti plus susu yang tentu aja kurang nampol. Kami mampir ke Yana Restaurant, cukup terkenal oleh traveler Indonesia karena ini salah satu resto halal di Bangkok. Yana Restaurant ada di lantai 5 ya. Karena aku agak sulit bereksplorasi dengan makanan, maka aku sedikit memisahkan diri dengan yang lain. Mba Anis, Tikpo dan Hesty pesen menu bareng-bareng dengan nyoba makanan yang aneh-aneh. Aku cari menu yang aman aja, yang kira-kira cocok di lidah. Steam Rice with Basil Leaves and Fried Egg. Rasanya sih oke, tapi daun basilnya aku kurang suka plus porsinya yang masih kegedean. Hehe. Makanya biar udah kenyang aku paksain harus habis, karena akan susah cari yang halal dan enak kayak gini lagi.

Salah satu menu di Yana Restaurant.
Eh, ada yang kelewat, sebelum naik taksi kami sempet coba beli mango sticky rice deket hostel dan itu juga belinya di makan barengan. Haha. Karena emang niatnya nyoba aja, emang bener makanan ini enak banget! Tapi nggak tau kenapa ya kok kita nggak sempet atau nggak nyempetin buat makan mango sticky rice lagi.

Sebenernya pengen banget setelah dari MBK mampir dulu ke Chula Soi untuk beli jersey Chelsea yang katanya murah di situ. Tapi memang belum rejeki kali ya, aku cancel aja dan langsung naik taxi ke Khaosan Road dan nggak taunya taxi arah ke Khaosan itu lewatin Chula Soi, jam malem gini sebagian besar toko udah tutup meskipun masih ada beberapa yang buka, dan aku cuma bisa yudahdahbaybay aja liat jersey bergelantungan di etalase toko. Uh!

Di dalem taxi kami terkesima liat Bangkok yang bener-bener berhias. Inget kan kalo hari ini Mother’s day, sepanjang jalan dari minivan pagi tadi sampai malam ini foto Ratu Thailand dipajang di setiap sudut sepanjang jalan. Segitu cintanya rakyat Thailand sama ratunya! Salute! Coba rakyat Indonesia bisa sedikit meniru ya, kalau nggak bisa cinta, coba sedikit menghormati deh ya. Malem ini lebih spektakuler lagi, selain foto gede-gede ratu yang dipajang lampu-lampu super rame juga ikut ramein jalanan malem. Superb lah~~

Pas sampai Khaosan turun dari taxi tiba-tiba gerimis turun. Kami berhenti di depan sebuah travel agen, yang jaga waktu itu Miss Nidnid. Kami nanya-nanya tiket bus ke Krabi tawar sana-sini nggak bisa, putus asa sekaligus males nyari lagi travel yang lain kami deal di harga 900 baht. Include pick up dari hostel ke Southern Bus Terminal dan meal. Mahal? Iya mahal, Karena harga asli tiket cuma 580 baht sodara-sodara! Jadi lebih baik memang beli tiket di terminal langsung. Tapi aku nggak nyesel kok, at least kami jadi kenal sama Nidnid yang super ramah itu.

Malem itu Khaosan rame pake banget. Agak aneh sih buatku jalan malem di Khaosan Road yang notabene banyak bar bertebaran. Music yang super kenceng. Ah, crowded banget deh. Tapi kami tetep manikmati dengan coba cari fridge magnet di daerah situ. Dan nihil. Nggak dapet apa-apa. Ngomong-ngomong di Khaosan ini ada lapak yang jual kartu identitas palsu loh! Misal kartu mahasiswa universitas mana mereka bisa bikin. Ada-ada aja. Illegal sih, tapi kalo sekedar buat kenang-kenangan masih boleh kali ya~~ tapi tetep, aku nggak beli. Haha.

Jam 9.30 pm kami balik ke hotel. Jalan kaki dong, kan deket.

Pengeluaran Hari Ke-3

Kegiatan
Biaya
Rupiah
Taxi
280/4 baht
28070
Jajan di Sevel
60 baht
24060
Mango sticky rice+ nanas
35 baht
14035
Kaos di MBK
99 baht
39699
Nestea
90 baht
36090
Yana cafe
200 baht
80200
Bus Krabi
900 baht
360900
Total

Rp583054


No comments:

Post a Comment